Tahapan belajar digital marketing dari nol

 Belajar digitl marketing

Tertarik ingin belajar digital marketing? tapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Jadi yang pertama, Anda harus ketahui beberapa hal yang dipelajari dan tahapan apa saja yang mesti dilakukan, jika ingin menjadi seorang digital marketer.

Anda harus ketahui fundamental tentang Digital marketing. Seperti pengertian digital marketing dan jenis-jenisnya. Jika Anda sudah mengetahui keduanya Anda akan mudah untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Di artikel ini akan membahas tentang digital marketing mulai dari nol.

Sekarang banyak sekali tempat belajar digital marketing mulai dari yang online maupun offline. Untuk biayanya sendiri berbeda-beda dan benefit yang ditawarkannya pun beragam, jadi sebelum menentukan dimana Anda akan belajar nanti, mari perhatikan dahulu menganai pengenalan Digital marketing, dengan belajar digital marketing gratis disini.




    Pengertian Digital Marketing

    Digital marketing adalah proses pemasaran yang dilakukan secara digital dengan media-media dan fasilitas yang terdapat di internet. Bisa menggunakan dengan media website, email, display advertising (iklan pop-up atau banner) dan sosial media.

    Pentingnya belajar Digital Marketing

    Mengapa penting untuk bisa digital marketing karena pada saat ini, dengan meningkatnya penggunaan digital untuk berbagai aspek kehidupan manusia, maka dari itu, semua akan lebih mudah jika menggunakan fasilitas digital. Dan bidang marketing juga termasuk ke dalamnya. Sebagai media informasi dan promosi produk ke konsumen maupun ke calon konsumen, agar lebih mudah dan cepat tersampaikan.

    Manfaat Digital Marketing

    Manfaat jika menggunakan digital marketing akan memudahkan Anda dalam proses pemasaran dengan sasaran target yang tepat dan lebih luas. Pemasaran menggunakan digital marketing bisa lebih efisien dari segi biaya dan waktu dibanding dengan pemasaran door to door, itu akan memakan waktu yang lama dan sangat melelahkan sekali.

    Kelebihan Digital Marketing

    Feedback dari hasil penjualan atau kepuasan pelanggan bisa langsung terlihat dari testimoni atau review yang telah tersedia, dan akan terbaca dengan mudah karna terdata. Marketer bisa menganalisa prilaku konsumen berdasarkan minat mereka dan apa yang sedang happening di pasaran, sehingga bisa menjadi acuan atau referensi untuk membuat ide iklan. Dan jika memakai teknik pemasaran dengan digital, akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan konsumen.

    Macam-macam Digital Marketing

    1. Website

    SEO digital marketing

    • SEO
      SEO singkatan dari search engine optimization yang artinya memakai mesin pencari sebagai sarana pemasaran digitalnya. Dengan menggunakan website Anda bisa menulis apapun berdasarkan minat dan pengetahuan Anda, juga bisa membuat referensi atau review produk yang ingin di pasarkan. Dengan menggunakan teknik SEO, website Anda bisa masuk ke halaman utama google sehingga dengan mudah user menemukan website Anda. Dengan begitu akan mendatangkan traffik yang menguntungkan bagi Anda.
    Digital marketing SEM

    Baca juga: Pelajari lebih lanjut tentang SEO

    • SEM
      SEM atau Search Engine Marketing adalah kegiatan mengoptimasi agar website bisa muncul di mesin pencari dengan memanfaatkan iklan. Cirinya ada tulisan "iklan" pada bagian atas kiri url website. Hampir sama seperti SEO tetapi yang membuat berbeda adalah SEM menggunakan biaya untuk bisa masuk dihalaman pertama google dengan urutan teratas untuk mengiklankan website tersebut, dan pembayarannya dengan metode seperti Pay per click (PPC). 
    Google ads
    • Google Ads
      Ketika Anda sedang melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google lalu Anda visit ke salah satu website yang dituju, akan muncul iklan di website tersebut, nah itu yang dinamakan Google Ads. Dapat berupa banner produk atau adapula yang muncul berupa pop-up. Gambar diatas adalah ads yang berada diatara artikel. Ada juga ads yang muncul di platform seperti youtube, seringkali ketika ingin menonton video di youtube akan muncul iklan, itu juga termasuk.
    Google my business
    • Google My Business
      Google my business menyediakan fasilitas bagi para pembisnis untuk membantu memberikan informasi seputar bisnis mereka mulai dari nama bisnis, lokasi usaha, kontak, jam operasional, galeri usaha sampai review mengenai bisnis tersebut. Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google my business akan terlihat lebih meyakinkan dan profesional. Jangan ragu untuk Daftarkan bisnis Anda di Google Business karena sangat bermanfaat.

    2. Sosial Media Ads

    instagram ads
    • Instagram Ads
      Ada jenis Promosi menggunakan Instagram Ads, karena di instagram sendiri memiliki fitur seperti feed, strory dan reels. Fitur tersebut sangat berguna bagi Anda ingin membangun image dan brand awareness sehingga dapat dikenali oleh user Instagram. 

    Baca juga: Belajar Instagram Ads gratis

    Facebook ads
    • Facebook Ads
      Sama halnya dengan Instagram Ads, Facebook Ads pun memiliki peran yang sama perbedaannya hanya dari segi target pasarnya untuk pengguna aktif facebook dan saat ini masih banyak yang menggunakan facebook. Kelebihan lainnya di facebook ada fitur halaman untuk membangun citra perusaahan agar terlihat lebih professional. Buat iklan Facebook Ads.
    tiktok ads
    • Tiktok Ads
      TikTok Ads topview ads adalah suatu iklan yang bisa dilihat oleh pengguna di puncak feeds mereka. Iklan yang tampil di tiktok ads akan muncul di video pertama yang ada di feed atau halaman beranda tiktok yang akan dilihat oleh penggunanya. Jenis TikTok ads ini sangat bagus untuk meningkatkan nilai brand awareness bisnis Anda.
    twitter ads
    • Twitter Ads
      Twitter juga termasuk tempat promosi yang tepat untuk membangun branding perusahaan atau memperkenalkan produk Anda. Jika memakai twitter Anda bisa langsung interakasi langsung dengan para audience dengan saling balas membalas replay atau tweet, jadi pastikan gaya komunikasi yang dipakai tidak terlalu formal. 

    3. Email Marketing

    Email news letter
    • News letter campaign
      Jika Anda sudah memiliki konsumen dan ingin memberi informasi penawaran ataupun promosi produk terbaru kepada konsumen Anda bisa menggunakan Email news letter. Dengan memakai email marketing, akan membuat komunikasi dengan pelanggan tetap terjaga.
    Drip email
    • Drip campaind
      Jika Drip campaind berfungsi sebagai email balasan yang berguna untuk pemberitahuan, misalnya ketika Anda telah melakukan transaksi, maka email drip akan memberi notifikasi berdasarkan transaksi apa yang telah Anda lakukan.

    Jenis Digital Marketing

    • Paid
      Jika Paid seperti anda melihat postingan yang bertuliskan "besponsor" atau "iklan". Seperti namanya ini akan memakan biaya dengan metode Pay per click. Tetapi penggunaan ini berpengaruh sangat besar untuk meningkatkan engagement perusahaan atau produk Anda.
    • Unpaid (organik)
      Ketika pengunjung atau pelanggan yang datang secara alami dengan melihat dari halaman facebook atau feed instagram. Bisa dengan mengetik berdasarkan minat pelanggan atau dengan penggunaan hastag bisa juga berpengaruh sehingga postingan Anda yang akan muncul di pencarian berdasarkan penggunaan kata yang relevan.

    Yang dipelajari untuk memulai Digital Marketing

    1. Mempelajari produk
      Kenali produk, apa kelebihan dan benefit yang terdapat pada produk Anda dibanding kan dengan produk milik kompetitor lain. Pastikan buat serelevan mungkin untuk menarik perhatian dan kebutuhan konsumen.
    2. Memilih target marketing
      Menganalisa terlebih dahulu audience/followers berdasarkan demografi, gender, waktu paling aktif, top city, dan sebagainya. Data ini bisa diambil di meta business suite atau tools analisa.io, hal ini berguna agar Anda mengenal siapa target audience-nya.
    3. Customer research
      Analisa konten apa yang paling bagus, engagement tertinggi, dan sebagainya. Insight ini berguna agar Anda tau jenis konten seperti apa yang disukai oleh audience dan sebaliknya.
    4. Competitor reasearch
      Cari kompetitor yang semirip mungkin dengan bisnis kita, dimana dari segi followers, reach, dan engagement angkanya diatas bisnis kita. Lakukan analisa, dengan mempelajari audience, waktu aktif, dan jenis kontennya.
      Lakukan pendekatan yang berbeda dari yang dilakukan kompetitor
      Contoh: Brand A jual kaos 50rb dengan tagline baju “murah berkualitas”,
      -Kamu ga bisa jual semurah itu karena biaya produksi kaos kamu aja udah 50rb, ikuti kompetitor malah boncos ga karuan. Kamu bisa pasarkan produk dengan tagline “ baju berkualitas yang ga murahan”. Tagline ini terkesan bahwa produkmu berkualitas itu sebabnya harga ga murah.
    5. Membuat ide campaign
      Di dalamnya terdapat tema campaign, konten pillars, konten timeline, kapan waktu posting terbaik, dan sebagainya.
    6. Pilih Platform yang akan digunakan
      Social media itu ada banyak, sosmed ibarat kendaraan yang distribusikan konten Anda, jadi harus jelas nantinya konten yang dibuat akan diposting diplatform apa saja, dan kenapa.
    7. Konten Mockup
      Buat konten mockup sebagai gambaran dari desain atau perangkat, yang digunakan untuk keperluan presentasi produk atau tujuan yang lainnya. Mockup berfungsi sebagai contoh bentuk implementasi konten atau desain produk, mulai dari penggunaan warna, jenis huruf gambar dan hal detail lainnya sebelum di publikasikan.
    8. Budget
      Tentukan budget yang dipakai untuk melakukan promosi, untuk hasil yang maksimal disarankan jangan hanya mengandalkan organik saja.

    Skill digital marketer

    Berikut ini adalah skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang digital marketer

    1. Data analysis
    2. Problem solving
    3. Technical skill
    4. Creative analysis
    5. Communication
    6. Copywriting


    Menentukan karir sebagai Digital Marketer

    Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memulai karir sebagai digital marketer. Dan apa saja urutannya, ada dibawah ini:

    1. Membuat content blog atau sosial media sambil belatih untuk modal portofolio
    2. Siapkan Cv dan portofolio
    3. Pilih job yang sesuai dengan minat bisa ambil freelance atau fulltime
    4. Siapkan skill yang dibutuhkan
    5. Mulai mencari pekerjaan lewat website pencari kerja atau media sosial

    Tahapan yang dilakukan untuk belajar digital marketing yaitu, ketahui digital marketing itu apa, lalu pelajari dan pahami channel-channel atau media yang akan digunakan sebagai media marketing. Setelah itu Pilih platform atau media yang sekiranya cocok dengan bisnis Anda dan bisa dilihat dari target pasar yang Anda akan pilih.

    Jika ingin hasil yang cepat bisa menggunakan Iklan Paid karna selain cepat tersampaikan pada target menggunakan Paid akan bagus untuk meningkatkan brand awarness, tetapi jika Anda belum memiliki budget bisa menggunakan Unpaid yang berasal dari organik.


    Related Posts

    Post a Comment

    0 Comments