Pada Video Webinar yang saya tonton yang membahas tentang Copywriting untuk sosial media yang diadakan oleh Gratisin Belajar yang sangat bermanfaat, dengan pemateri yang handal dan berpengalaman membuat saya yang awam menjadi mengerti pentingnya copywriting pada sosial media.saya akan berikan point penting dan step-step yang mesti dilakukan.
Webinar
Gratisin belajar 14 Juni 2020
Moderator:
Faiz Ghifari
Pematerinya: Bergas Agung Brillianto – Social Media Content Specialis Tokopedia
A. Kenali siapa audiensmu atau target pasar
B. Pahami konsep AIDA+C
1. Attention
Pancing
otensi/perhatian pembaca sehingga focus pada kontenmu. Gunakan
headline-headline yang menarik dan ‘mengejutkan’.
2. Interest
Perhatian
sudah didapat, kini saatnya untuk membuat pembaca tertarik. Gunakan benefit,
fakta menarik, hingga pengadaian yang terkait dengan mereka.
3. Desire
Tertarik
sudah, kini saatnya buat pembaca untuk memiliki hasrat membeli atau melakukan
apapun yang kamu inginkan melalui ‘copy’ tersebut.
4. Action
Jika
pembaca sudah terpancing dengan 4 poin sebelumnya, kini buatlah mereka
melakukan aksi yang kamu inginkan dengan copy yang telah disampaikan. Beri CTA
dengan landing page (link)bisa ditambah gambar
5. Conviction
Berikan
bukti mereka memang harus membeli/melakukan yang kamu inginkan. Buat mereka
berpikir tidak akan menyesal. Ini bisa dilakukan dengan membuat copy bersifat
‘testimonial’.
RUMUS SEDERHANA
KONSEP AIDA+C HEADLINE + BENEFIT/PROMOSI/FAKTA
UNIK PRODUK + ALASAN PENGUAT + CTA (+TESTIMONI_ |
C. Buat pembacamu merasa "fomo"
Buat mereka merasa rugi, kehilangan sesuatu, ketinggalan zaman atau menyesal jika tidak melakukan aksi yang kamu inginkan lewat copywriting
D. Buat pendekatan Copywriting yang sesuai dengan tujuanmu
E. Jika fokus campaign yang sedang kamu jalani dimedia sosial adalah untuk branding, sebaiknya gunakan Copywriting yang menggunakan jargon-jargon
F. Gunakan jargon/slogan yang bisa mewakili dan satu semangat dengan pembacamu/orang yang kamu tujukan
G. Jiki fokunya jualan, maka gunakanlah Copywriting yang straight to the point dan bertumpu pada benefit-benefit yang kamu tawarkan dan kelebihan barang/jasa terebut
H. Jika fokunya adalah engagement, relasi dengan pembaca, atau interaksi, sebaiknya gunakan copy-copy yang lebih menyentuh dan bercerita/yang story tellingnya kuat
I. Ini agar pembaca tertarik dengan kontenmu dan pada akhirnya membuat mereka berkonstribusi, share kontenmu, atau memberikan ceritanya
J. Jangan lupakan tempatnya dimana
1. YOUTUBE
Straight
to the point & click-bait (jgn berlebihan). Tapi jangan lupa juga untuk
membuat copymu SEO-based, terutama untuk deskripsi dan tagar yang digunakan
2. TWITTER
Babas.
Tempat paling fleksibel untuk eksplorasi copy. Tapi biasanya, di twitter bahasa
yang digunakan adalah bahasa sehari-hari yang ringan, kasual, dan nyeleneh
(komedi)
3. INSTAGRAM
To the
point dan punya headline yang powerfull di copy on banner maupun di caption.
Gaya bahasa lebih ke semi-formal tapi tetap kekinian.
4. FACEBOOK
Gunanakan kata-kata yang ringan. Platform paling cocok untuk storytelling dan membuat copy yang lebih panjang
K.
- Benefit/Promo
- Gaya Bahasa
- Platform
- Kebutuhan audience
L. Buatlah content pillar
Content pillar
·
Benefit
Product knowledge, news
and update on brand/ all about tokopedia, midia toppers
·
Feature
Featured 101, how to
trivia & facts in indographic (Feature), new feature update
·
Promo
Tokopedia promo,
partnership & funding GM top ads or sessional promo
·
Tips
& Trict + Idea
Business building idea → mau jualan apa, hot list & top picks seasional
·
Inspiration
Seller story motivation
& inspiration, seller story video, seller ofTW, seller Award
·
Crowdsourcing
Quiz, survery & interactive content, question of the week, fun articles
M. Buat plan yang jelas
N. Jangan lupa bekerjasama
Minta tolong seseorang untuk melihat copy yang telah diupload untuk memeriksa apakah ada keselahan atau typo. Dan untuk meminta saran apakah copy dan banner yang telah dibuat cocok atau tidak.
O. Latihan bersama
Contoh :
Buat
copywriting dengan studi kasus menjual spring bed yang kasurnya punya material
comfy foam dan flip free. Karena baru saja launching, harganya lagi promo
diskon 45% dari harga awal 10.000.000. tapi harga promo hanya berlangsung
selama 3 jam saja.
(headline) Hanya 3 jam saja promo 45% dari 10jt. Produk terbaru kami Spring bed comfy dan flip free yang bikin nyaman tidurmu. Beli besok harga 10jt, ayo beli sekaran saja jangan sampai kelewatan
P. Pendekatan
Q. Berusaha untuk tidak mengulang kata dalam satu kalimat, bisa dicari alternatif kata lain di persamaan kata
R. Sebelum buru-buru pakai 'Influencer Marketing' lebih baik perbaiki dulu copywriting media sosialmu
Untuk lebih jelasnya bisa kalian tonton di Youtube Gratisin Belajar. Kalian Mendengarkan penjelasannya lebih rinci dan mendetail juga sekaligus bisa langsung belajar dari contoh yang diberikan.
0 Comments