Cara Riset Keyword yang paling banyak dipakai dan Riset Kompetitor

Cara riset keywords

Keyword adalah kata kunci. kata kunci atau keywords biasa dipakai untuk mencari informasi di internet. Pentingnya keyword yang tepat dalam menggunakan mesin pencari, atau yang biasa Anda gunakan yaitu Google akan mempermudah proses pencarian informasi yang akan anda dapatkan.

Untuk praktisi SEO, proses pencarian menggunakan keyword adalah bagian dari proses kerjanya. Jadi para praktisi SEO melakukan riset keyword dahulu sebelum menulis artikelnya. Caranya mereka mencari keyword mana yang paling banyak digunakan dan keyword mana yang relevan untuk artikel yang akan dibuat.

Setelah menentukan tema artikel yang akan anda buat, sekarang carilah dan buat riset mengenai keywords yang akan digunakan untuk artikel Anda. Pakailah keyword yang tepat dan sesuai dengan fokus artikel anda. 

Penggunaan keyword yang tepat akan membuat Google menotice artikel atau postingan Anda dan yang paling baik akan muncul di halaman terbaik Google. Postingan yang terlihat "baik" atau sesuai kriteria Google akan muncul paling pertama. Terlihat "baik" yang dimaksud adalah penggunaan keyword yang tepat sesuai dengan isi artikel, bermanfaat dan solutip.




    Cara mencari keyword yang paling banyak di pakai.

    Cara mencari keyword yang tepat bisa dengan melalui pencarian di Goole maupun dengan tools Ubersugget untuk melihat kumpulan keyword yang digunakan oleh user. Ubersuggest adalah salah satu tools yang digunakan untuk memudahkan anda mendapatkan referensi keyword dan melihat statistik Search Volume rata-rata dalam sebulan.


    Langkah-langkah melakukan Riset keyword

    1. Tentukan keyword 

    Pastikan Anda pilih keyword dengan fokus target yang sesuai dengan artikel, tentukan keyword berdasarkan artikel yang akan dibuat. Contoh jika anda ingin membuat artikel tentang tutorial membuat blog, jadi keyword yang bisa anda pakai misalnya: Cara buat blog. Atau Anda bisa cari alternatif keywords lainnya yang masih relevan dengan artikel Anda. 

    Jika Anda ingin membuat artikel tentang bisnis atau penawaran jasa, bisa Anda gunakan keywords Jasa pembuatan website atau Jasa pembuatan website murah.Tentukan dan pilih keywords yang sesuai dengan isi artikel Anda.

    2. Menentukan Keywords turunan

    Setelah menentukan keywords, validasikan keywords tersebut dengan cara mengetik di pencarian Google, Apakah website-website yang muncul relate dengan artikel yang akan anda buat. Dan Anda akan menemukan related keywords yang bisa dijadikan referensi. Keywords tersebut dapat digunakan dalam artikel sebagai keywords turunan sehingga menambah referensi keywords yang masih relevan dengan artikel Anda.

    Cara riset keywords

    3. Mencari Search volume keywords

    Gunakan tools untuk mendapatkan Search Volume dan Keywords terkait, salah satu tools yang digunakan adalah Ubersuggest dari naeilpatel.com. Selain untuk keyword research, tools ini bisa digunakan untuk kompetitor research.  Langkah selanjutnya masukan keywords dari langkah-langkah sebelumnya ke tools ini satu persatu, Anda bisa melihat search volumenya berapa dari masing-masing keyword.

    4. Analisi Keywords 

    Setelah mendapat search volume dari tiap keywords yang di input di Ubersugges. Sekarang Anda bisa lakukan analisis, untuk memudahkan proses analisis disarankan untuk buat pencatatan entah itu di note atau di excel agar memudahkan Anda ketika proses analisis perbandingan keywords. Setelah analisis selesai Anda bisa pilih dan gunakan keywords tersebut di artikel Anda.

    5. Daftar keywords

    Hasil akhirnya berupa daftar keywords target, masing-masing keywords ini akan memiliki pagenya sendiri. 


    Riset Kompetitor

    Setelah melakukan pencarian keyword yang tepat untuk artikel anda, sekarang yang harus dilakukan adalah Riset Kompetitor. Dibawah ini akan dijelaskan mengapa Riset Keyword harus dilakukan.


    Tujuan melakukan riset Kompetitor

    Tujuan akhir kompetitor riset adalah mengetahui strategi SEO kompetitor. Hasil dari kompetitor riset adalah: 

    • Daftar siapa saja kompetitor anda

    • Keyword apa yang mendatangkan traffic ke website kompetitor

    • Strategi konten kompetitor, halaman apa saya yang mereka miliki yang mendapatkan traffic

    • Backlink yang kompetitor dapatkan dari mana


    Cara melakukan Riset Kompetitor

    1. Masukan target keyword ke search engine atau Google

    2. Perhatikan top 3 sampai 5 dari setiap keyword itu

    3. Buka satu persatu, lihat apa saja yang kompetitor tawarkandiwebsitenya: Seperti apa title nya, deskripsinya, urlnya, konten, fitur khusus, penawaran spesial dan sebagainya.

    4. Buka Ubersuggerst, masukan url kompetitor tersebut. menu-menu di Ubersugget menunjukan beberapa hal dari kompetitor:

    • Keyword  : Untuk melihat keyword yang masuk ke website mereka. Dari sini anda mendapatkan ide apa yang bisa ditambahkan lagi ke daftar target keyword anda.
    • Top Pages : Untuk melihat page yang paling banyak mendapatkan traffic
    • Back links : Untuk melihat dari mana saja backlink mereka. 
    • Volume      : Banyaknya penggunaan keywords pada pencarian rata-rata dalam sebulan

    Related Posts

    Post a Comment

    0 Comments